NUSANTARA DAN BUDAYA VISUAL DI DALAMNYA

Siapa yang tak kenal Indonesia. Ya, negara dengan sebutan nusantara ini mempunyai banyak kekayaan. Tak hanya pada sektor pertambangan dan hasil bumi, namun juga kekayaan budaya visual.

Secara teoritis, kekayaan budaya visual ini erat kaitannya dengan ragam bangsa yang datang dan menetap dalam kawasan dan waktu tertentu sehingga melahirkan budaya yang khas.

Dari kesenian menjadi desain, dengan fungsi dan katagori yang terus berubah. Dari kebutuhan akan pemenuhan rohani sampai komunikasi. Sehingga tak mengherankan pada masa prasejarah, dalam dinding gua terdapat coretan atau gambar hewan buruan. Inilah yang kemudian memberi penjelasan bagaimana mereka bertahan hidup dan menyampaikan informasi dengan bahasa visual sebelum mengenal bahasa verbal.

Pada masa selanjutnya, objek visual nusantara berkembang sesuai tingkat pemikiran dari waktu ke waktu. Desain visual muncul dalam bentuk relief candi, sebagai media informasi dan bangunan strata sosial, corak dan motif pakaian dengan kekhasan lokal, identitas budaya kesukuan pada seni ukir, sampai simbol agama di beberapa bidang terapan.

Kini, di era globalisasi, desain visual sebagai bagian dari budaya nusantara telah bertransformasi menjadi peranti kepentingan yang dinamis, solutif, dan inovatif. Mengisi fungsi-fungsi penting untuk berbagai kebutuhan, seperti: fungsi identifikasi, informasi dan instruksi, sampai presentasi dan promosi. Baik untuk kepentingan pengetahuan teknologi, sosial politik, ekonomi, dan agama.

Sebut saja di bidang ekonomi, desain visual telah menopang 12 bidang usaha. Usaha periklanan (advertising) yang lebih menekankan komunikasi persuatif, desain identitas usaha (corporate identity) seperti: logo, brandbook, desain marka lingkungan (environment graphic), desain multimedia seperti: percetakan, desain grafis industri pada kemasan produk, desain grafis media pada buku, desain komik, fotografi, videografi, ilustrasi, animasi, dan media interaktif seperti: website dan aplikasi.

0 Orang Berkomentar

Terbitkan Komentar