ARTI VISUALISASI GARIS DALAM SENI GRAFIS

Dalam desain grafis, garis menjadi unsur penting yang tidak hanya digunakan untuk menyusun kontruksi desain dan membagi ruang di antara elemen desain namun juga untuk memberi kesan visual tertentu pada desain. Entah apakah kesan tersebut muncul melalui garis berbentuk horizontal, vertikal, diagonal, atau melengkung. Kesemuanya memliki makna unik yang diwakili oleh bentuk masing-masing. Tinggal bagaimana penempatan garis tersebut bisa memberi kesan kuat pada objek desain anda. Berikut beberapa jenis garis dengan kesan umum yang bisa menunjang karakter desain anda.

penerapan garis dalam desain grafis dan kesan visual yang ditimbulkan

Yang pertama garis lurus. Ditinjau dari arahnya, garis lurus ini terbagi menjadi empat: horizontal, vertikal, diagonal, dan kurva. Garis horizontal atau garis lurus mendatar ini umumnya digunakan untuk memberi kesan tenang, relaksasi, diam atau statis dan kesan melebar pada objek desain. Namun, jika anda ingin memberi kesan stabilitas, kekuatan, atau kemegahan, maka garis vertikallah pilihannya. Berbeda dengan dua garis sebelumnya, garis diagonal lebih banyak di tempatkan pada objek bergerak dengan kesan tak stabil, suatu hal yang bergerak atau dinamika. Sedangkan untuk kurva, garis lengkung ini banyak dipakai untuk mewakili citra anggun, elastis, luwes, dan halus.

Yang kedua. Ragam garis berdasarkan gayanya terbagi menjadi beberapa garis berikut. Garis kontinyu mewakili kesan kaku, keras, tajam dan konsisten. Sedangkan garis putus-putus seringkali memberi arti ragu, misterius, takut, berirama. Untuk garis kaligrafi, garis ini seringkali dimunculkan untuk memberi kesan alami, lembut, halus, fleksibel, ramah. Garis zigzag tak jarang diterapkan pada objek desain untuk memberi arti kaku, tegang, kaget, panas, dan menakutkan atau juga kesan semangat, dinamika, atau bergerak cepat. Sedangkan garis tebal bisa anda gunakan untuk memberi kesan berani, kasar, berat, dan tegas. Sedangkan untuk memberi kesan ragu, halus, dan ringan, anda bisa memilih garis tipis.

Itulah beberapa arti dan makna garis yang bisa anda sampaikan untuk membentuk persepsi audiens dalam desain anda. Semoga bermanfaat.

0 Orang Berkomentar

Terbitkan Komentar